Saat ini mie tebal atau biasa dikenal dengan udon ini banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia, terutama anak-anak muda.
Dibandingkan dengan ramen, mi yang satu ini mempunyai diameter yang lebih tebal. Biasanya bentuknya adalah tebal bulat dan sangat berbeda dengan mie yang biasa kita jumpai di Indonesia.
Yuk simak beberapa faktanya berikut ini!
1. Mi tebal dari Jepang
Udon merupakan hidangan karbohidrat yang memiliki nilai tradisional dalam budaya kuliner Jepang. Biaanya akan dihidangkan sebagai hidangan utama yang lengkap ketika disajikan dalam kuah dengan berbagai tambahan bahan makanan. (1)
2. Mie terpopuler kedua setelah ramen
Mi tebal yang satu ini ini merupakan makanan yang sangat populer di Jepang. Bahkan, bisa dibilang merupakan mie populer kedua setelah ramen. (1)
Tidak hanya di Jepang, bahkan mie yang satu ini juga telah menjadi tren kuliner di Indonesia berkat semakin populernya resto-resto franchise dari Jepang seperti ‘Marugame Udon’ yang telah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. (2)
3. Alat pengembangan wisata di Jepang
Fenomena wisata mengunjungi tempat-tempat yang berkaitan dengan jenis makanan tertentu atau produksi suatu wilayah tertentu semakin populer. Kegiatan ini biasa disebut wisata mencicipi atau wisata kuliner. (3)
Di Prefektur Kagawa yang merupakan salah satu wilayah di Jepang, terdapat berbagai toko udon dengan kualitas, kehalusan, penyajian, dan gaya pengoperasian yang beragam. Selain mencoba kuliner lezat ini, kita juga bisa belajar proses pembuatannya, misalnya saja di Sekolah Udon Nakano. (4)
Di akhir pekan atau saat jam makan siang, masih umum terlihat antrian panjang dari pengunjung yang ingin mengonsumsi mi lezat yang satu ini. Mereka akan menunggu di depan resto yang terkenal dan populer.
Beberapa di antara mereka bahkan mengungkapkan bahwa tujuan utama mereka adalah mencicipi mie yang satu ini sebanyak mungkin di berbagai toko yang berbeda.
Beberapa dari resto ini sangatlah populer dan selalu muncul dalam buku panduan perjalanan atau majalah, salah satunya adalah Yamagoe, yang terkenal dengan hidangan udon Kamatama (udon panas yang disajikan dengan telur rebus lembut) dan telah berdiri sejak tahun 1941. (3)
Baca juga: Rekomendasi Menu di Marugame Udon
Penulis : Dhiah Widyaningtyas Budi, S.Tr.Gz | Editor : Lisa Rosyida, S.Gz, RD dan Ulfa Ratriana, S.Gz,
References:
- Analisis minat masyarakat Surabaya terhadap udon (kajian sosiologi budaya)
- Noodle production and consumption: from agriculture to food tourism in Japan
- FAKTOR LATAR BELAKANG DAN KECENDERUNGAN KAUM MUDA SURABAYA DALAM MEMILIH MAKANAN JEPANG ANTARA RESTORAN MARUGAME UDON DAN YOSHINOYA
- Menikmati Sanuki Udon, Makanan Tradisional Jepang di Tempat Kelahirannya