Ada 3 Jenis Anemia, Ketahui Perbedaannya!

Anemia adalah penyakit yang ditandai dengan rendahnya kadar sel darah merah di dalam tubuh. Secara umum, ada 3 tipe anemia. Penyebab, risiko, dan cara penanganan dari ketiga tipe anemia ini pun berbeda-beda.

Apa saja tipe anemia tersebut?

1.   Anemia Mikrositik

Anemia mikrositik terjadi saat sel darah merah yang diproduksi tubuh berukuran lebih kecil dari ukuran normal. Penyebab terjadinya anemia jenis ini karena sel darah merah kekurangan hemoglobin.

Hemoglobin adalah zat yang terkandung di dalam sel darah merah. Fungsinya adalah untuk mengikat dan mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

Anemia jenis ini dapat disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab paling umum adalah karena tubuh kekurangan zat besi. Selain itu, penyakit juga bisa menjadi penyebab lain terjadinya anemia mikrositik.

2.   Anemia Normositik

Anemia normositik adalah jenis anemia dengan kondisi ukuran sel darah merah normal, tetapi mengalami kekurangan jumlah sel darah merah di dalam tubuh.

Anemia ini paling sering disebabkan oleh adanya penyakit kronis di dalam tubuh. Selain itu, faktor eksternal seperti pendarahan juga dapat menyebabkan terjadinya anemia normositik.

3.   Anemia Makrositik

Kebalikan dari anemia mikrositik, anemia makrositik terjadi saat sel darah merah justru berukuran lebih besar dari ukuran normal.

Kekurangan vitamin B dan beberapa penyakit kronis bisa menjadi penyebab anemia makrositik.

Pengecekan kesehatan di lab bisa dilakukan agar dapat mengetahui jenis anemia apa yang diderita.

Meskipun menunjukkan gejala yang mirip, perbedaan jenis anemia ini sangat penting diketahui. Karena, beda jenis anemia, beda pula cara penanganannya.

Yuk, cari tahu penanganan anemia mikrositik, anemia normositik, dan anemia makrositik di tautan-tautan berikut!

https://dietpartner.id/anemia-mikrositik-pahami-penyebab-dan-penanganannya/: Ada 3 Jenis Anemia, Ketahui Perbedaannya! https://dietpartner.id/anemia-normositik-faktor-risiko-dan-penanganannya/: Ada 3 Jenis Anemia, Ketahui Perbedaannya! https://dietpartner.id/anemia-makrositik-pahami-penyebab-dan-cara-mencegahnya/: Ada 3 Jenis Anemia, Ketahui Perbedaannya!

Penulis: I Putu Febrian Andira Putra, S.Gz.

Editor: Ulfa Ratriana, S.Gz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *