Manfaat Kesehatan dari Kunyit dan Kurkumin

Kunyit yang mudah kita temukan di sekitar kita merupakan suplemen nutrisi yang baik untuk tubuh. Kunyit, dan bahan aktif kurkuminnya, memiliki manfaat anti-inflamasi, antikanker, antioksidan, dan manfaat lainnya.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa kunyit memiliki manfaat bagi tubuh dan otak. Beberapa manfaat ini berasal dari bahan aktif utamanya, yaitu kurkumin.

Apa itu kunyit dan kurkumin?

Kunyit merupakan rempah atau bumbu yang memberi warna kuning pada makanan. Kunyit telah digunakan selama ribuan tahun sebagai bumbu dan ramuan obat. Senyawa yang baik untuk tubuh yang ada pada kunyit ialah senyawa kurkuminoid, atau biasa disebut kurkumin. Kurkumin adalah bahan aktif utama dalam kunyit. Ini memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan merupakan antioksidan yang sangat kuat.Berikut adalah manfaat kesehatan kunyit dan kurkumin.

1.Kunyit mengandung senyawa bioaktif dengan khasiat obat

Kandungan kurkumin kunyit tidak terlalu tinggi. yaitu sekitar 3%, dari berat kunyitnya. Sebagian besar penelitian tentang ramuan ini menggunakan ekstrak kunyit yang sebagian besar mengandung kurkumin, dengan dosis biasanya melebihi 1 gram per hari.

Akan tetapi sangat sulit untuk mencapai level tersebut hanya dengan menggunakan kunyit sebagai bumbu pada makanan Anda. Itu sebabnya beberapa orang memilih untuk menggunakan suplemen. Faktanya, suplemen kurkumin terbaik mengandung piperine, dan ini membuatnya jauh lebih efektif. Kurkumin juga larut dalam lemak, yang artinya terurai dan larut dalam lemak atau minyak. Itulah mengapa sebaiknya mengonsumsi suplemen kurkumin dengan makanan yang tinggi lemak.

2. Kurkumin adalah senyawa anti inflamasi alami

Inflamasi dalam tubuh sangat penting. Hal ini dapat membantu melawan zat asing dan memiliki peran dalam memperbaiki kerusakan di tubuh Anda. Mencegah peradangan tingkat rendah kronis dapat berperan dalam beberapa kondisi kesehatan dan penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, sindrom metabolik, penyakit Alzheimer, berbagai kondisi degeneratif

3. Kunyit dapat meningkatkan kapasitas antioksidan dalam tubuh

Kurkumin merupakan antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas karena struktur kimianya. Selain itu, di beberapa menunjukkan bahwa kurkumin dapat memblokir aksi radikal bebas dan dapat merangsang aksi antioksidan lainnya.

4. kurkumin dapat menurunkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Para peneliti telah mempelajarinya selama beberapa dekade dan belajar banyak tentang mengapa itu terjadi. Tidak mengherankan, penyakit jantung sangat rumit dan berbagai hal berkontribusi padanya.

Kurkumin dapat membantu membalikkan banyak langkah dalam proses penyakit jantung. Diduga manfaat utama kurkumin untuk penyakit jantung adalah meningkatkan fungsi endotelium, lapisan pembuluh darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, kurkumin dapat membantu mengurangi peradangan dan oksidasi, yang dapat berperan dalam penyakit jantung.

Sumber gambar : freepik.com

Penulis : Laily N. Aliyah, S.Gz | Editor : Lilik Laras Shinta, S.Gz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *