5 Cara Tetap Fit untuk Liburan Asyik

Liburan identik dengan agenda berkumpul bersama teman atau keluarga dengan berbagai sajian makanan dan aktivitas yang menyenangkan. Namun, tidak dipungkiri bahwa momen liburan terkadang tidak sejalan dengan kebiasaan pola makan dan pola hidup sehat yang selama ini dijalani. Supaya liburan tetap bisa dinikmati tanpa gangguan kesehatan, yuk kita simak 5 tips sehat saat berlibur.

Bijak Memilih Makanan

Berwisata kuliner menjadi salah satu tujuan sebagian orang dalam berlibur. Kesempatan untuk mencoba berbagai macam variasi makanan khas tentu tidak mudah untuk dielakkan. Pastikan tempat makan yang kita kunjungi menyajikan makanan yang terjamin higienitasnya supaya terhindar dari masalah pencernaan dan keracunan makanan.

Selain perihal kebersihan, mengkonsumsi makanan tidak hanya sekedar untuk menghilangkan rasa lapar, tetapi tetap harus memperhatikan kandungan gizi yang seimbang. Variasikan jenis pengolahan, tidak selalu goreng tetapi juga kukus, pepes, tumis, dan panggang. Selain itu pastikan kebutuhan serat harian tetap terpenuhi, misalnya dengan menyediakan camilan buah-buahan. Jika menemukan makanan favorit, tetap kontrol porsi makan supaya tidak berlebih dan makan dengan tidak tergesa-gesa.

Jaga Status Hidrasi

Penuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh saat sedang berlibur. Rata-rata orang dewasa memerlukan setidaknya dua liter air putih per hari. Ketika sedang berwisata, jangan lupa untuk membawa botol air putih sendiri. Selain lebih hemat dan ramah lingkungan, air putih juga 0 kalori dan tidak mengandung gula.

Istirahat yang Cukup

Saat sedang asik melakukan kegiatan yang digemari, tidak jarang waktu istirahat menjadi berkurang. Istirahat yang cukup penting untuk menjaga tubuh tetap dalam keadaan yang fit dan siap untuk beraktivitas di keesokan hari. Terlebih, istirahat yang cukup juga dapat membantu meningkatkan imunitas, sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.

Tetap Lakukan Aktivitas Fisik

Banyak pilihan aktivitas bisa dilakukan selama liburan. Pergunakan waktu ini untuk melakukan kegiatan luar ruangan yang membuat tubuh tetap aktif bergerak seperti bersepeda melewati tempat-tempat bersejarah, trekking di pegunungan atau pantai, rafting di sungai, hingga snorkeling di laut lepas. Selain itu, olahraga ringan beregu juga bisa dilakukan di sekitar rumah, seperti bulu tangkis atau voli.

Sedia Obat dan P3K

Jika menghabiskan liburan dengan bepergian di luar rumah, selalu sediakan obat-obat yang biasa dikonsumsi, jikalau sewaktu-waktu terjadi masalah kesehatan. Tidak ada salahnya juga membawa perlengkapan P3K sebagai antisipasi jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi.

Takeaways

Liburan menjadi momen yang dinantikan. Perlu perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, pola aktivitas dan istirahat yang cukup, serta antisipasi kejadian yang tidak diinginkan supaya liburan asik dan badan tetap fit.

Sumber gambar : freepik.com

Penulis : Ninda Ferranggita Pradani, S.Gz., R.D | Editor : Lilik Laras Shinta, S.Gz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *