Catat Baik-baik, 4 Manfaat Jahe yang Harus Kamu Tau!

Sebagai orang Indonesia, terkenal akan kekayaan rempahnya, sudah pasti mengenal jahe. Jahe sering digunakan sebagai tambahan bahan makanan dan minuman kita sehari-hari. Mencampurkan jahe kedalaman makanan terbukti bisa menambah cita rasa makanan dan memberikan sensasi hangat di tubuh. Namun ternyata tak hanya itu, ada banyak sekali manfaat jahe bagi kesehatan, lho. Apa saja?

Sebagai Antioksidan

Jahe mengandung minyak khusus yang berperan dalam aroma dan rasa jahe. Minyak itu bernama gingerol.Selain mempengaruhi rasa dan aroma jahe, gingerol juga memiliki sifat antioksidan. Sehingga, dapat melawan radikal bebas.Selain itu, jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi.

Menurunkan Gula Darah

Selain mengandung antioksidan, ternyata jahe juga punya sifat anti diabetes.Studi tahun 2022 menunjukkan bahwa jahe mampu memberikan efek signifikan terhadap pengurangan kadar HbA1c pada orang dengan penyakit diabetes tipe 2.

Meredakan Nyeri Haid

Beberapa studi menujukkan kalau jahe lebih efektif daripada kafein ataupun ibuprofen dalam meredakan nyeri haid.Namun, masih diperlukan studi lebih lanjut mengenai hal ini

Mencegah Infeksi

Jahe memiliki sifat anti bakteri. Sehingga, bagus untuk mencegah infeksi.Penelitian menunjukkan kalau jahe efektif untuk menangkal bakteri seperti S. aureus, E. coli, dan C. albicans yang berperan dalam beberapa penyakit infeksi di sistem pencernaan dan organ lainnya seperti mulut.

Sumber gambar: freepik.com

Penulis : I Putu Febrian Andira Putra, S.Gz Editor : Lilik Laras Shinta, S.Gz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *