6 Rekomendasi Buah untuk Membantu Menurunkan Berat Badanmu

Buah merupakan camilan alami yang dikemas dengan vitamin, serat, dan nutrisi lain yang mendukung pola makan sehat. Buah umumnya memiliki rendah kalori dan tinggi serat, yang dapat membantu menurunkan berat badan. Faktanya, mengonsumsi buah dikaitkan dengan penurunan berat badan dan penurunan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, kanker, dan penyakit jantung.Berikut adalah 6 rekomendasi buah terbaik untuk penunjang menurunkan berat badan.

Jeruk Bali

Setengah jeruk bali, atau 123 gram (g), hanya mengandung 37 kalori tetapi menyediakan 51% dari Nilai Harian (DV) untuk vitamin C. Menariknya, bahwa konsumsi jeruk bali mengurangi lemak tubuh, lingkar pinggang, dan tekanan darah. Plus, jeruk bali tinggi naringenin, sejenis flavonoid dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat melindungi dari diabetes dan penyakit jantung.2

Apel

Apel rendah kalori dan tinggi serat, dengan 116 kalori dan 5,4 g serat per buah besar (223 g). apel juga dapat untuk mendukung penurunan berat badan. Sebuah studi observasi pada 124.086 orang menetapkan bahwa orang yang makan apel kehilangan rata-rata 0,56 kg per porsi harian selama periode 4 tahun. Penelitian menunjukkan bahwa apel paling baik dimakan utuh – daripada dijus – untuk mengurangi rasa lapar dan nafsu makan. Apel dapat dinikmati dengan berbagai cara. Cobalah menambahkannya ke dalam campuran, yogurt, dan salada.

Kiwi

Buah Kiwi berukuran kecil, berwarna coklat dengan daging berwarna hijau terang atau kuning dan berbiji kecil berwarna hitam. Buah kiwi kaya akan zat gizi, sumber vitamin C, vitamin K, folat, dan sumber serat yang sangat baik, dan memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Dalam sebuah penelitian, 41 orang dengan pradiabetes makan dua kiwi emas per hari selama 12 minggu. Mereka mengalami kadar vitamin C yang lebih tinggi, penurunan tekanan darah, dan pengurangan lingkar pinggang 1,2 inci (3,1 sentimeter).

Studi tambahan mencatat bahwa kiwi dapat membantu mengontrol gula darah, meningkatkan kolesterol, dan mendukung kesehatan usus. Buah Kiwi memiliki indeks glikemik rendah, jadi meskipun mengandung gula, tetapi glukosa dilepaskan lebih lambat, menghasilkan lonjakan gula darah yang lebih kecil.

Selain itu, kiwi kaya akan serat. Satu buah kecil yang dikupas (69 g) memiliki lebih dari 2 g serat, sedangkan kulitnya saja menyediakan 1 g serat tambahan. Diet tinggi serat dari buah dan sayuran telah terbukti meningkatkan penurunan berat badan, meningkatkan rasa kenyang, dan meningkatkan kesehatan usus.

Buah kiwi memiliki tekstur lembut, dan rasa yang manis, dan enak jika dimakan mentah, baik dikupas, maupun tidak dikupas. Buah kiwi juga bisa diolah sebagai jus atau digunakan dalam salad.

Melon

Melon memiliki kandungan air yang tinggi, yang membuatnya bagus untuk mengontrol berat badan. Buah melon menyediakan 46–61 kalori sederhana. Meski rendah kalori, melon juga kaya akan serat, potasium, dan antioksidan, seperti vitamin C. Mengonsumsi buah dengan kandungan air yang tinggi dapat membantu menurunkan berat badan secara maksimal. Melon dapat dinikmati secara langsung, potong dadu, atau dikupas untuk salad buah. Melon juga dapat dicampur menjadi smoothie buah atau dibekukan menjadi es buah.

Jeruk

Seperti semua buah jeruk lainnya, jeruk memiliki rendah kalori serta tinggi vitamin C dan serat. Sementara kebanyakan orang rata-rata mengonsumsi jus jeruk daripada irisan jeruk utuh. Beberapa penelitian ditemukan bahwa makan buah utuh dapat mengurangi rasa lapar dan menurunkan asupan kalori, daripada hanya meminum sari dari buah jeruk.

Oleh karena itu, jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, lebih baik makan jeruk daripada minum jus atau es jeruk. Buahnya bisa dimakan sendiri atau ditambahkan ke salad atau makanan penutup favorit Anda.

Pisang

Saat mencoba menurunkan berat badan, beberapa orang menghindari pisang karena kandungan gula dan kalorinya yang tinggi. Meskipun pisang lebih padat kalori daripada banyak buah lainnya, pisang juga lebih padat zat gizi, kalium, magnesium, mangan, serat, banyak antioksidan, dan vitamin B6 dan C.

Pisang memiliki indeks glikemik rendah hingga sedang dan dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengatur berat badan terutama untuk orang yang menderita diabetes. Makanan berkualitas tinggi, kaya akan zat gizi, dan rendah kalori seperti pisang sangat penting untuk rencana pengelolaan berat badan yang sehat.

Sumber gambar : freepik.com

Penulis: Laily N. Aliyah, S.Gz | Editor: Lilik Laras Shinta, S.Gz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *